“Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber
Belajar Oleh Mahasiswa”
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perubahan
paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di
perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan
sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004
mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar,
pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi,
melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam
pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa
perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi
internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan.
Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi
ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah
proses studinya.
2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat
diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar,
antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar,
pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet
sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber
belajar.
3. Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan
dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun dalam
penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar oleh mahasiswa.
4. Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan
diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut:
- Apakah mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
- Alasan apa yang memotivasi mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
- Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
5. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui :
- Jumlah mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Alasan yang memotivasi mahasiswa UNIVERSITAS GUNADRAMA memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa UNIVERSITAS GUNADARMA memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
6. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
:
- Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
- Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
- Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar
BAB II
Landasan Teori
1. Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari
inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan
komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian (www.wikipedia.com).
Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu
menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk
informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global (www.jurnal-kopertis4.org).
Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan
jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial,
organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan
telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar
di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail,
chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya
informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan
lalu lintas file (Telnet, FTP),
Sejalan dengan perkembangan
internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan
internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan
lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning.
E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan
dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk
membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk
digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam
mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat :
a)
meningkatkan pengetahuan.
b)
berbagi sumber diantara rekan sejawat.
c)
bekerjasama dengan pengajar di luar negeri.
d)
kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung.
e)
mengatur komunikasi secara teratur.
f)
berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional.
2. Jenis-Jenis
Pendekatan kualitatif merupakan prosedur
penelitian yang menghasilakn data diskriptif melalui pengungkapan kata-kata
tertulis. Peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam serta perilaku yang
diamati.
3. Bahaya
Perilaku Adiktif / Pecandu Seorang pecandu
internet akan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari berada
didepan komputer untuk online. Untuk pecandu surfing di Handphone /
Blackberry biasanya mereka asik berinternet tanpa memperdulikan
tempat dan waktu (mobile). “Dampak dari kecanduan internet juga tidak
main-main. Mulai dari dipecat dari pekerjaan, perceraian, atau kecelakaan mobil
akibat menyetir sambil menulis SMS atau chatting. Pecandu
internet biasanya kecanduan bermain Games Online, blogging,
situs jejaring sosial, jual beli, chating dan aplikasi-aplikasi internet
lain yang sangat menghabiskan waktu.
Menurut Hack dalam situs
“wartawarga.gunadarma.ac.id”, penyebab seseorang menjadi pecandu internet
adalah: “Pecandu internet dapat disebabkan oleh informasi yang sangat deras
dari luar yang ingin diserap atau diperoleh remaja yang dapat bersumber dari
perusahaan, institusi, departemen-departemen, sekolah ataupun remaja itu
sendiri. Pecandu internet bisa siapa pun, dari mana pun, kapan pun”.
4. Pengaruh
Adalah daya atau timbul dari sesuatu ( orang atau
benda ) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang.
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka kegiatan belajar mengajar
diperguruan tinggi tidak hanya ditemukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan
sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.
B. Kesimpulan hipotesis Sementara
Hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan
sementara, dengan kata lain suatu pendapat yang kita gunakan untuk menangkap
kenyataan kebenaran dari suatu hal yang belum terbukti kebenarannya atau
merupakan penjelasan percobaan ke arah perjalanan penjelasan yang pasti, tetapi
ada alasannya yang merupakan suatu keismpulan yang agak pasti.
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
Contoh proposal
penelitian ilmah ini mengangkat persoalana bagaimana pemnfaatan media online
dikalangan mahasiswa Universitas Gunadarma. Pemanfataan media online merupakan
perbuatan memanfaatkan suatu hasil dari teknologi tinggi dalam bidang informasi
dan komunikasi.
Berdasarkan beberapa uraian dan kesimpulan tersebut maka perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai usaha untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan media online sebagai sumber belajar dikalangan mahasiwa.
Daftar Pustaka
http://www.jurnal-kopertis4.org
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
artikel yang menarik..
BalasHapussilahkan kunjungi blog saya dan silahkan pelajari cari uang lewat ekiosku.com terimakasih
Oke sip bung
Hapus