RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mts Nurul Qur’an Pagutan
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/1
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi :
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan
puisi dalam bentuk
yang lain
Kompetensi Dasar :
6.1. Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
Indikator Pencapaian Kompetensi :
· Menentukan bagian-bagian
cerita dengan panduan tahap-tahap dalam
alur
· Menceritakan kembali
secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah Mempelajari
Materi ini siswa diharapkan dapat menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
II. Materi Ajar
Menceritakan kembali
isi cerpen
Kegiatan ini hampir
sama dengan yang pernah kalian lakukan sebelumnya. Kegitan yang dimakasud
adalah menulis kemabali isi cerpen. Pembeda dari keduanya adalah ragam bahasa
yang digunakan sebagai media penyampaian cerita, pada pembelajaran ini, kalian
akan diminta untuk menceritakan kembali isi cerpen melalui bahasa lisan.
Beberapa hal berikut
ini perlu diperhatikan sebelum tampil menceritakan kembali isi cerpen secara
lisan.
1.
Ekspresi
Kemapuan berekspresi dlam
menceritakan cerpen, berupa ekspresi roman muka ketika bercerita yang
disesuaikan dengan isi cerpen, ekspresi wajah, sorot mata, senyum, dan
sebagainya merupakan unsur-unsur yang akan membantu keberhasilan bercerita.
2.
Gestur
Gerak anggota badan juga
diperlakukan untuk mendukung penyajian lisan ini agar menjadi lebih menarik.
Kedua tangan untuk menghidupkan cerpen yang akan diceritakan.
3.
Bahasa
Salah satu pendukung
keberhasilan bercerita adalah bahasa cerita yang mudah dicerna oleh pendengar. Bahasa
cerita yang menggelitik akan membuat cerita menarik dengan tetap memperhatikan
sikap komunikatif.
4.
Kelancaran
Meskipun ketiga unsur di
atas telah dipersiapkan dengan baik, namun, bila tidak didukung kelancaran
bercerita, kegiatan bercerita ini pun menjadi gagal.
III. Metode Pembelajaran
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama Dan Kedua :
A. Kegiatan Awal
Apersepsi :
- Bertanya jawab
tentang hal-hal yang menarik dari kegiatan membaca cerpen
- Bertanya jawab
tentang manfaat membaca
Memotivasi :
- Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen sesuai dengan
alur aslinya asi :
B. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,
intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta
didik - Membaca dalam hati cerpen yang disediakan. Sambil membaca, siswa
diminta mencatat urutan peristiwa pada cerpen yang dibaca.
F Menceritakan kembali isi
cerita secara lisan secara bergantian. Siswa lain mendengarkan sambil membuat
catatan tanggapan.
F Menanggapi penyampaian
isi cerita yang dilakukan temannya
F Bertanya jawab dengan
siswa tentang hal-hal yang menarik pada cerpen yang dibaca.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
F Menyebutkan ungkapan yang sesuai untuk menggambarkan
isi cerpen
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi
untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerpen
-
Buku peljaran bahasa Indonesia
VI. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Menentukan
bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur
· Menceritakan kembali
secara lisan isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.
|
Tes praktik/kinerja
|
Uji petik kerja
|
· Ceritakan kembali isi
cerpen sesuai dengan alur aslinya!
|
Bentuk
tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
Menceritakan kembali isi
cerpen secara runtut memerhatikan
kelengkapan cerita,
bahasa yang baik, keruntutan alur cerita,
dan hal-hal yang menarik
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c.
Tidak baik (1)
|
5
|
|
2
|
Mengomentari pendapat
yang disampaikan narasumber 5
secara objektif dan logis
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
|
5
|
|
3
|
Menemukan ungkapan pada
cerita dan menjelaskan makna- 5
nya secara tepat
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor
maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh X
100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar