Halaman

Senin, 08 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                   :
MATA PELAJARAN   :
KELAS                         :
SEMESTER                


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : /tidak langsung

B.            KOMPETENSI DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 


C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
·         Pokok-pokok isi berita
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengarkan informasi atau berita informasi yang kita peroleh bermacam-macam. Tidak jrang informasi informasi itudiperoleh melalui tuturan langsung. Minsalnya dari forum diskusi atau bahkan perbincangan dengan teman-teman. Informasi-informasi itu ada yang kamu anggap penting atau tidak.
Pada dasarnya, informasi apapun penting bagi kita.ada pepatah mengatakan bahwa siapa yang menguasai informasi, maka dia menguasai dunia. Oleh karena itu, sebaiknya kita membiasakan diri menyimak informasi dengan baik dengan cara sbb:
-Mencatat pokok-pokok isi informasi yang disampaikan.
-Menyampaikan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Agar informasi itu bermanfaat, sampaikan kepada orang lain.anda dapat menyampaikan informasi itu secara lisan setelah informasi itu ditulis secara runtut dan jelas.
Untuk mengetahui pokok-pokok informasi yang kita dengar, kita tidak dapat mengetahui berdasarkan satuan-satuan paragraf. Biasanya, dari informasi yang kita dengar,kita dapat menentukan pokok-pokok informasi berdasarkan yang paling mudah ditangakap dan diingat,salah satu kunci untuk menemukan pokok-pokok berita maka kita dapat menggunakan rumus 5W+1H maksudnya
-what/apa
-who/siapa
-where/dimana
-when/kapan
-why/mengapa
-how/bagaimana
Rumus diatas itulah yang dipakai untuk mengetahi pokok-pokok isi berita yang kita dengar.
Contonya:
Dua kapal penumpang waterway secara resmi melayani masyarakat dari dermaga halimun hingga dermaga dukuh atas sepanjang 1,7 kilometer kemarin.kalimat ini dapat memenuhi unsur( what/apa,where/dimanadan when/kapan)
Angkutan air tersebut dapat dijadikan alternatif transfortasi umum dijakarta. Hanya saja. Untuk jangjka dua tahun mendatang masih difokuskan untuk keperluan parawisata. (kalimat-kalimat ini dapat memenuhi unsur who/siapa,how/bagaimana)
Pembangunan waterway merupakan bagian dari skenario besar penataan sistem transportasi diwilayahnya yang dikenal denhan transportasi makro(PTM) kalimat ini dapat memenuhi unsur why/mengapa.


·         penangapan isi berita

menyimak adalah suatu kegiata yang merupakan suatu proses. Tentunya dalam proses ini terdapat tahap-tahap,adapun tahapan-tahapan saat kita menyimak informasi adalah sebagai berikut:
1.     tahap mendengar
dalam tahap ini kita baru mendengar segala sesuatu yang dikemukakan oleh sang pembicara dalam ujaran atau pembicaraanya.jadi kita masih dalam tahap hearing.
2.     Tahap memahami
Setelah kita mendengar,akan ada keinginan bagi kita untuk mengerti atau memahami dengan baik isi pembicaraan yang disampaikan oleh sang pembicara. Maka sampailah kita kepada tahap pemahaman.
3.     Tahap mengevaluasi
Setelah memahami serta dapat menafsir isi pembicaraan sang penyimak mulailah menilai atau mengevaluasi pendapat serta gagasan sang pembicara dimana keungulan dan kelemahan,dimana kelebihan dan kekuranganya sang pembicara, maka dengan demikia sampailah kita kepada tahap evaluating
4.     Tahap menaggapi
Tahap ini merupakan tahapterakhir dalam kegiatan menyimak sang penyimak menyambut,mencakam menyerap, serta menerima gagasan atau ide yang dikemukakan oleh sang pembicaranya sang penyimak sampailah pada tahap menanggapi(responding)
Simaklah sebuah berita dibawah ini:

RATUSAN WARGA PESISIR SELATAN
BUTUH BANTUAN
Ratusan warga korban gempa di kanagarian sungai tuhu,kecamatan ranah pesisir selatan,sumatra barat, selasa(18/9) masih bertahan ditenda-tenda darurat,kini mereka butuh bantuan. Sejak terjadi gempa,rabu pekan lalu setiap orang baru menerima bantuan bersa empat kilogram dan dua bungkus mi instan.
Warga setempat mengaku membutuhkan pelayanan kesehatan ana-anak mulai menderita penyakit akibat tidur ditenda terbuka. Hingga kini warga kenaggarian sungai tunu hanya menyimpan 50 helai selimut, jumlah ini tidak sesuai dengan jumlah warga yang tinggal di tenda darurat.
Lain lagi dengan ratusan warga korbangempa dikecamatan lubuk pinang, kabupaten mukomuko ,bengkulu mereka terpaksa kembali kedesa, karena kesal tak kunjung menerima bantuan, kebanyakan pengunsi adalah transmigran asal jawa didesa rawa bagun kecamatan lubuk pinang.
Sejak terjadi gempa,warga desa rawa bangun mengunsi kebukit solang wilayah paling utara provinsi bengkulu yang berbatasan dengan sumatra barat,menurut nurcahyo,salah seorang pengunsi,selama tiga hari mengunsi mereka baru dapat 10 karung beras dari masyarakat peduli gempa yang kebetulan melintas dipegunungan.
 Dari isi berita tersebut menegrucutkan permasalahan untuk ditanggapi dengan menjawab hal-hal sebagai berikut :

SOAL !
1.Apa yang terjadi di kabupatean pesisir selatan, sumatra barat ?
2.Bagaimana keadaan warga setempat disana ?
3.Mengapa mereka membutuhkan bantuan?
4.Siapakah yang berkewajiban membantu mereka
5.Dimanakah tempat pengunsian mereka?

JAWAB !
1.Terjadinya gempa bumi.
2.Keadaanya kurang memperhatinkan karena,korban khususnya anak-     anak mengalami penyakit gatal-gatal akibat tidur di tenda terbuka.
3.Karena dengan bantuan mereka bisa melanjutkan hidupnya.
4.Yang berkewajiban membantu korban ialah,pemerintah,dan orang-orang di sekitarnya.
5.Di tenda-tenda darurat.

D.            INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

·       Kreatif
·      Mandiri
·      Rasa ingin
Tahu
·    Menghargai prestasi
·    Komunikatif

2
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas

3
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)



E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi
G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

No
Kegiatan Belajar
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
1.
Kegiatan Awal   :
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru dan siswa berdo’a sebelum pembelajaran dimulai
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa  kelompok diskusi

Bersahabat/komunikatif
2.
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
·         Siswa mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lapindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh) yang dibacakan oleh salah satu siswa.


Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·         Siswa menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·         Siswa menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian dengan menggunakan kata-kata sendiri.

·       Kreatif
·      Mandiri
·      Rasa ingin tahu
·    Menghargai prestasi
·    Komunikatif

3.
Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

Bersahabat/komunikatif




H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·   Radio/ tape
·   Televisi
·   CD salinan berita atau kaset rekaman

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar