SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
KELAS :
SEMESTER :
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan
: /tidak langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media
elektronik (berita dan nonberita)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Pokok-pokok
isi berita
Dalam kehidupan
sehari-hari, kita sering mendengarkan informasi atau berita informasi yang kita
peroleh bermacam-macam. Tidak jrang informasi informasi itudiperoleh melalui
tuturan langsung. Minsalnya dari forum diskusi atau bahkan perbincangan dengan
teman-teman. Informasi-informasi itu ada yang kamu anggap penting atau tidak.
Pada dasarnya, informasi
apapun penting bagi kita.ada pepatah mengatakan bahwa siapa yang menguasai
informasi, maka dia menguasai dunia. Oleh karena itu, sebaiknya kita
membiasakan diri menyimak informasi dengan baik dengan cara sbb:
-Mencatat pokok-pokok isi informasi
yang disampaikan.
-Menyampaikan isi informasi dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Agar informasi itu bermanfaat,
sampaikan kepada orang lain.anda dapat menyampaikan informasi itu secara lisan
setelah informasi itu ditulis secara runtut dan jelas.
Untuk mengetahui
pokok-pokok informasi yang kita dengar, kita tidak dapat mengetahui berdasarkan
satuan-satuan paragraf. Biasanya, dari informasi yang kita dengar,kita dapat
menentukan pokok-pokok informasi berdasarkan yang paling mudah ditangakap dan diingat,salah
satu kunci untuk menemukan pokok-pokok berita maka kita dapat menggunakan rumus
5W+1H maksudnya
-what/apa
-who/siapa
-where/dimana
-when/kapan
-why/mengapa
-how/bagaimana
Rumus diatas itulah yang dipakai untuk
mengetahi pokok-pokok isi berita yang kita dengar.
Contonya:
Dua kapal penumpang waterway secara
resmi melayani masyarakat dari dermaga halimun hingga dermaga dukuh atas
sepanjang 1,7 kilometer kemarin.kalimat ini dapat memenuhi unsur(
what/apa,where/dimanadan when/kapan)
Angkutan air tersebut dapat
dijadikan alternatif transfortasi umum dijakarta. Hanya saja. Untuk jangjka dua
tahun mendatang masih difokuskan untuk keperluan parawisata. (kalimat-kalimat
ini dapat memenuhi unsur who/siapa,how/bagaimana)
Pembangunan waterway
merupakan bagian dari skenario besar penataan sistem transportasi diwilayahnya
yang dikenal denhan transportasi makro(PTM) kalimat ini dapat memenuhi unsur
why/mengapa.
·
penangapan
isi berita
menyimak adalah suatu kegiata yang
merupakan suatu proses. Tentunya dalam proses ini terdapat tahap-tahap,adapun
tahapan-tahapan saat kita menyimak informasi adalah sebagai berikut:
1.
tahap
mendengar
dalam tahap ini kita baru mendengar
segala sesuatu yang dikemukakan oleh sang pembicara dalam ujaran atau
pembicaraanya.jadi kita masih dalam tahap hearing.
2.
Tahap
memahami
Setelah kita mendengar,akan ada
keinginan bagi kita untuk mengerti atau memahami dengan baik isi pembicaraan
yang disampaikan oleh sang pembicara. Maka sampailah kita kepada tahap
pemahaman.
3.
Tahap
mengevaluasi
Setelah memahami serta dapat menafsir
isi pembicaraan sang penyimak mulailah menilai atau mengevaluasi pendapat serta
gagasan sang pembicara dimana keungulan dan kelemahan,dimana kelebihan dan
kekuranganya sang pembicara, maka dengan demikia sampailah kita kepada tahap
evaluating
4.
Tahap
menaggapi
Tahap ini merupakan tahapterakhir
dalam kegiatan menyimak sang penyimak menyambut,mencakam menyerap, serta
menerima gagasan atau ide yang dikemukakan oleh sang pembicaranya sang penyimak
sampailah pada tahap menanggapi(responding)
Simaklah sebuah berita dibawah ini:
RATUSAN WARGA PESISIR
SELATAN
BUTUH BANTUAN
Ratusan warga korban gempa
di kanagarian sungai tuhu,kecamatan ranah pesisir selatan,sumatra barat,
selasa(18/9) masih bertahan ditenda-tenda darurat,kini mereka butuh bantuan.
Sejak terjadi gempa,rabu pekan lalu setiap orang baru menerima bantuan bersa
empat kilogram dan dua bungkus mi instan.
Warga setempat mengaku
membutuhkan pelayanan kesehatan ana-anak mulai menderita penyakit akibat tidur
ditenda terbuka. Hingga kini warga kenaggarian sungai tunu hanya menyimpan 50
helai selimut, jumlah ini tidak sesuai dengan jumlah warga yang tinggal di
tenda darurat.
Lain lagi dengan ratusan warga
korbangempa dikecamatan lubuk pinang, kabupaten mukomuko ,bengkulu mereka terpaksa
kembali kedesa, karena kesal tak kunjung menerima bantuan, kebanyakan pengunsi
adalah transmigran asal jawa didesa rawa bagun kecamatan lubuk pinang.
Sejak terjadi gempa,warga
desa rawa bangun mengunsi kebukit solang wilayah paling utara provinsi bengkulu
yang berbatasan dengan sumatra barat,menurut nurcahyo,salah seorang
pengunsi,selama tiga hari mengunsi mereka baru dapat 10 karung beras dari
masyarakat peduli gempa yang kebetulan melintas dipegunungan.
Dari isi berita tersebut menegrucutkan permasalahan
untuk ditanggapi dengan menjawab hal-hal sebagai berikut :
SOAL !
1.Apa yang terjadi di kabupatean
pesisir selatan, sumatra barat ?
2.Bagaimana keadaan warga setempat
disana ?
3.Mengapa mereka membutuhkan bantuan?
4.Siapakah yang berkewajiban membantu
mereka
5.Dimanakah tempat pengunsian mereka?
JAWAB !
1.Terjadinya gempa bumi.
2.Keadaanya kurang
memperhatinkan karena,korban khususnya anak-
anak mengalami penyakit gatal-gatal akibat tidur di tenda terbuka.
3.Karena dengan bantuan mereka bisa
melanjutkan hidupnya.
4.Yang berkewajiban
membantu korban ialah,pemerintah,dan orang-orang di sekitarnya.
5.Di tenda-tenda darurat.
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Menuliskan
isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut
dan mudah dipahami.
|
· Kreatif
· Mandiri
· Rasa ingin
Tahu
· Menghargai prestasi
· Komunikatif
|
2
|
Menyampaikan
secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
|
3
|
Mengajukan
pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui,
menolak, menambahkan pendapat)
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik
tertentu dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi
yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·
Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa
yang rasional dan logis.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No
|
Kegiatan Belajar
|
Nilai Budaya dan Karakter
Bangsa
|
1.
|
Kegiatan
Awal :
§ Guru mengucapkan salam
§ Guru dan siswa berdo’a
sebelum pembelajaran dimulai
§ Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran hari ini
§ Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok diskusi
|
Bersahabat/komunikatif
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
·
Siswa
mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas
Lapindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh) yang dibacakan oleh
salah satu siswa.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·
Siswa
menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·
Siswa
menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian dengan menggunakan
kata-kata sendiri.
|
· Kreatif
· Mandiri
· Rasa ingin tahu
· Menghargai prestasi
· Komunikatif
|
3.
|
Kegiatan
Akhir :
§ Refleksi
§ Guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/komunikatif
|
H.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 45 menit
I.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
· Radio/ tape
· Televisi
·
CD salinan berita atau kaset rekaman
J.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar